Kamis, 22 Januari 2015

Amerika Serikat Negara Pertanian Terbesar Di Dunia



Amerika Serikat (Negara Pertanian Terbesar Di Dunia) - Selama ini orang menganggap Amerika Serikat adalah Negara yang dipadati  gedung bertingkat, padahal banyak orang Amerika yang justru hidup bertani.

Sebleum orang-orang Eropa datang ke Benua Amerika , penduduk asli Amerika yang bernama suku Indian telah menanam jagung. Jadi umur perkebunan jagung di Amerika telah ribuan tahun!
Nah ...waktu  orang–orang Eropa dari brbagai negaa mulai berdatangan, ertanian semakin meluas di sana.




Teknologi pertanian di Amerika semakin maju lagi sejak abad ke-19, saat banyak mesin dan teknologi mesin di temukan. Kemajuan teknologi  ini sampai ke Amerika, tetapi tidak membuat orang Amerika meninggalkan pertanian, justru pertanian di sana semakin berkembang. Mesin dan teknologi yang di temukan itu juga di gunakan untuk meningkatkan hasil dan mutu pertnian.
Seperti penerapan ilmu Biologi untuk mencangkok tanaman, agar hasil buahnya lebih bagus dari pada tanaman induknya. Ilmu pertanahan berguna untuk mengelola tanah pertanian dan mengatur sistem irigasinya. Jadi kemajuan teknologi ini malah membuat pertanian di Amerika semakin maju buktinya lahan pertanian pun semakin meluas.





Kebanyakan lahan pertanian di Amerika ditanami jagung, jerami, dan gandum . tanah pertanian yang utama di gunakan untuk menghasilkan makanan dan serat-seratan .

Kini Amerika Serikat merupakan salah satu negara pengekspor hasil tani terbesar di dunia. Komoditasnya pun lengkap dan berkualitas sangat baik. Mulai dari sayur-sayuran , buah-buahan, ayam potong, daging sapi, susu, hingga ke tembakau sampai biji-bijan.
Bahkan  komoditasnya yang dulunya tidak ada di sana, sekarang menjadi banayak juga. Salah satunya adalah kedelai, yang baru di perkenalkan di Amerika  pada tahun 1950-an. Amerika Serikat kini menjadi salah satu pengekspor kedelai terbesar dan terbanyak.
Tahukah kamu, siapa salah satu importir kedelai Amerika? Indonesia.
Petani indonesia jangan mau kalah dong!!!

Teknologi
Peralatan pertanian di Amerika sudah sangat modern. Di Amerika  traktor sudah di pakai sebagai penarik alat-alat lainnya, seprti mesin pencangkul, pemupuk, penanam benih, pemotong dan pemanen. Bahkan beberapa traktor dapat menjadi sumber daya untuk mesin lainnya. Dengan adanya alat atau mesin-mesin modern ini, kegiatan bertani lebih mudah.
Jangan heran saat berkunjung disana, kalian akan melihat para petani menggunakan pesawat terbang kecil untuk menyemprotkan antihama atau menyirami ladang-ladang mereka.




Rumah Pertanian  
Kehidupan para petani  di ladang-ladang pertanian Amerika Serikat menjadi salah satu gaya hidup pedesaan yang khas. Salah satu bagian yang terpisahkan dari ladang-ladang tersebut adalah rumah pertanian (farm house).
Rumah rumah pertanian disana berukuran besar dengan langit-langit tinggi dan berhalaman luas. Rumah-rumah tersebut sekarang sudah menjadi  tradisi rumah pertanian di Amerika Serikat.


Hasil Tani Utama
Hasil tani utama yang di hasilkan para petani Amerika  berupa gandum, kacang kedelai, beras, kapas, dan tembakau. Hasil tani ini sebagian besar di ekspor ke luar negeri.
Gandum merupakan tanaman yang telah di tanam sejak dahulu kala. Tetapi, tahukah teman-teman, sebenarnya kacang kedelai merupakan tanaman yang masih baru di Amerika Serikat?

Kedeli mulai baru ditanam di Amerika sejak tahun 1950-an. Sebelumnya tanaman kedelai hanya digunakan sebagai pupuk, atau untuk makanan ternak. Namun setelah kemajuan ilmu semakin pesat, berbagai penelitian membuktikan bahwa kedelai sangat banyak manfaanya. Sejak saat itulah kedelai mulai di tanam secara besar-besaran di Amerika Serikat.
Negara-negara yang mengimpor kedelai Amerika Serikat  adalah Rusia, Jepang, Indonesia, dan beberapa negara lain di Afrika.

Di antara begitu banyak hasil tani Amerika, Indonesia, mengimpor tanaman berupa kacang kedelai, gandum,kapas produk olahan susu, dan pakan ternak,sayang bukan?
Beberapa tanaman ini seharusnya dapat kita hasilkan sendiri di tanah Indonesia yang subur dan makmur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar